SOCIAL MEDIA

Saturday, May 5, 2018

Resep Bibimbab with Cauliflower Rice

Cauliflower alias Kembang Kol ternyata sedang cukup ngetrend di kalangan para pecinta plant based food. Walau sebenarnya di Indonesia sih sangat nggak asing karena you can find cauliflower in every mom's hand made soup atau tumisan. Kemudian kembang kol naik level dan ternyata sayur yang biasanya hanya sebagai tambahan di capcay ini bisa diubah jadi hidangan luar biasa. Ada es krim kembang kol, steak (yesssss ini beneran), pengganti makaroni dalam hidangan mac and cheese bahkan ditumbuk dan jadi healthier version of mashed potato. WOOOOW

Long before it's so freaking famous, kembang kol udah jadi salah satu sayuran kesukaan gue karena teksturnya yang gampang lembut setelah dimasak. Rasanya enak dan tentunya gak ada aroma-aroma tanah ala sayuran. Lain dengan brokoli yang agak-agak mirip sama kembang kol, walaupun gue juga suka banget dengan brokoli, tapi si kribo yang satu ini tuh kalau salah ngolahnya bisa agak bau tanah saat dimakan. Mungkin ini yang membuat banyak anak-anak enggan menikmati brokoli.
Resep Bibimbab with Cauliflower Rice - Bibimbab

Mumpung lagi niat masak hidangan sehat, gue pun memutuskan untuk bikin salah satu hidangan Korea favorit yaitu Bibimbab. Sebongkah besar cauliflower pun dirubah menjadi semangkuk nasi. Lalu ditambahkan lauk-pauk sehat seperti jamur, tempeh, kale, telur dan wortel. Jangan lupa tambahkan saus gochujang dan minyak wijen. Tadaaaa, jadi deh Bibimbab sehat yang super dayum!


Untuk membuat cauliflower rice alias nasi dari kembang kol, caranya gampang banget lho. Cuci kembang kol lalu dikeringkan dengan lap bersih. Potong bonggol serta daunnya lalu iris acak kembangnya. Setelah itu masukkan sedikit-sedikit ke food processor atau blender dan hancurkan sampai bulirnya halus-halus atau kalau mau teksturnya mirip nasi yah berhenti saat sudah berbulir.
Resep Bibimbab with Cauliflower Rice

Nah, kalau kalian gak punya blender atau food processor, bisa juga lho diparut dengan parutan yang agak besar. Lumayan lah sekalian olahraga upper arm biar berotot, hehe.

Setelah selesai diblender, panaskan pan dengan satu sendok makan minyak wijen (atau bisa minyak kelapa, olive oil atau minyak sayur apapun asal jangan minyak jelantah apalagi minyak rambut. Tapi minyak wijen lebih beraroma and it taste really good) lalu tumis deh nasi kembang kolnya sampai kecokelatan. Jangan lupa tambahkan sejumput garam dan lada sebagai perasa!


Ingredients (serving 1 bowl of bibimbab) :

2 belah Tempeh, potong kotak-kotak

1 buah wortel, kupas kulitnya, cuci lalu potong julienne (memanjang)
Jamur (Bisa pakai enoki, kancing, portobello, tergantung selera saja) iris tipis
5 buah edamame, rebus dengan air mendidih selama dua menit, tiriskan lalu kupas kulitnya
2 lembar kol merah, iris memanjang, rebus dengan air mendidih bergaram selama semenit, tiriskan
3 Batang kale, ambil daunnya saja (kalau nggak punya kale, ganti dengan bayam juga enak, gengs!)
1 buah telur (lewati kalau kamu vegan, bisa diganti dengan tahu jepang)

Ingredients for the sauce :

4 sdm Gochujang (bagi yang muslim/kosher dietarian bisa cari yang halal)
1 sdm soy sauce atau liquid aminos
1/2 sendok makan gula/madu
1 sdt blackpapper
Irisan daun bawang (opsional)


Resep Bibimbab with Cauliflower Rice 3

How to :


  • Rendam tempeh di air garam selama 5 menit. Setelah ditiriskan, goreng dengan minyak panas sampai kecokelatan. Bisa juga ditambah dua sendok makan kecap manis biar rasanya semakin legit.
  • Panaskan minyak wijen di pan (medium heat yah, jangan terlalu panas karena nanti minyaknya gosong and you got nothing) lalu tumis wortel selama dua menit. Kalau mau lebih lembut bisa lebih dari itu tapi nutrisinya akan berkurang drastis, jadi lebih baik agak setengah matang. Angkat, tiriskan.
  • Tambahkan minyak wijen lagi di pan lalu tumis daun kale sampai layu, taburkan biji wijen setelah ditiriskan.
  • Untuk jamur, kalau kalian suka jamur tumis then do the exact same thing, hanya saja menumis jamur agak lebih lama dan membutuhkan kesabaran. Menumis jamur juga nggak bisa langsung banyak karena matangnya bisa tidak merata. Dan kalau mau menumis jamur, jangan lupa taburkan garam di atasnya yah. Cara alternatif lain adalah jamurnya direbus. Teksturnya akan lebih chewy dan nggak terlalu bau tanah khas jamur. But it's your perference, gue suka dua-duanya.
  • Dan yang terakhir adalah goreng telur mata sapi! Tidak perlu sempurna, yang penting rasanya pas~
  • Untuk saus, campurkan semua bahan dan aduk rata. Kalau mau lebih strong, kalian bisa menambahkan satu sendok teh jahe parut.
  • Susun semua bahan di atas mangkuk, dimulai dari nasi kembang kol di dasar dan telur mata sapi di tengah baru deh tuangkan saus gochujang di atas telur.
Resep Bibimbab with Cauliflower Rice - Yummy

How to eat it? Campur semua sampai sausnya merata and just enjoy your hearty, healthy meal! Tell me how'd it goes when you try this recipe yaaaa~

Love,


Allysa




Post a Comment