SOCIAL MEDIA

Saturday, March 31, 2018

Resep Stir Fried Udon with Gochujang

Masih dalam rangka mengurangi konsumsi daging yang berlebihan, gue pun sibuk cari resep nikmat yang mudah dan gak perlu pakai daging. Setelah sibuk berfikir, browsing dan aduk-aduk bahan di rumah yang ternyata cuma ada udon, gochujang, bawang, telur dan jamur, jadilah gue memutuskan untuk bikin Stir Fried Udon.
Resep Stir Fried Udon with Gochujang

Stir Fried Udon ini sebenarnya makanan yang lumrah dikonsumsi oleh orang Jepang dan Korea. Kan biasanya kita hanya tahu kalau udon itu berkuah, tapi ternyata udon juga bisa dibikin layaknya mie goreng. Kalau di Korea biasanya orang-orang pakai kimchi, tapi karena gue lagi kismin jadilah gue cuma pakai gochujang dan jamur.

Resep Stir Fried Udon with Gochujang - Pict 2

Sekilas penampakannya mirip Indomie goreng pakai telur, kan? Begitulah kata Izul ketika melihat fotonya, but it didn't taste like indomie don't you worry. Bubuk cabai serta gochujangnya meresap ke udon dan bikin hidangan ini gurih-gurih pedas. Udonnya juga gak berlimpah dengan minyak layaknya mie goreng abang-abang kok, so it'll cause no heart attack, unless you eat it in front of a super cute dude.

Terus yang bikin gue sendiri terkejut adalah rasa manis alami yang dikeluarkan oleh irisan bawang bombay. Benar-benar nyeimbangin rasa gurih-pedas dari udon dan gochujangnya.

Stir Fried Udon with Gochujang (1 plate serving)

Ingredients :

  • 1 pak udon
  • 2 sendok makan minyak zaitun (atau bisa pakai minyak lain)
  • 1/2 sendok makan bubuk cabai
  • 1/2 potong bawang bombay (onion), iris tipis
  • 3 siung bawang puting, cincang
  • Tiga sendok makan gochujang halal (kalau bisa konsumsi yang nggak halal yah silakan pakai)
  • Jamur kancing sesuai selera, jangan lupa diiris
  • 1/2 sendok teh lada, garam dan gula
  • Irisan daun bawang sebagai hiasan kalau punya.
  • 1 sendok teh minyak wijen


How To :

1. Pertama rebus dulu udon di panci dengan air mendidih yang sudah ditaburi garam. Kalau kalian pakai udon basah, rebus sekitar 5 menit atau sesuai aturan pakai dari bungkusnya. Setelah matang, tiriskan.

2. Panaskan minyak di atas pan dengan api sedang, lalu tumis bubuk cabai. Indikator keberhasilannya adalah, hidung kalian terasa pedas dan kepengin bersin. Tapi kalau kalian gak suka pedas, bisa dilewati langkah yang satu ini.

3. Setelah bersin, tumis bawang bombay sampai cokelat dan layu. Masukkan jamur, tumis sampai matang. Baru deh masukkin bawang putih. Kenapa bawang putih belakangan? Karena bawang putih cepat gosong, jadi baiknya ditumis belakangan.

4. Masukkan gochujang, tambahkan satu sendok makan air lalu aduk-aduk gochujangnya sampai merata. Masukkan Lada, garam dan gula. Jangan lupa dicicipi, kalau ada yang kurang, silakan ditambahkan.

5. Masukkan udon, aduk rata.

6. Hias dengan irisan daun bawang dan telur ceplok kalau mau.

Resep Stir Fried Udon with Gochujang - Pict 3

Tadaaaa!!!

Hidangan super duper gampang ini berhasil menyelamatkan perut kosong gue. Udah gitu lumayan sehat lah, nggak ada dagingnya, cuma pakai sedikit minyak dan tentunya SPICY!

Selain pakai udon, kalian juga bisa pakai mie ramen atau mungkin spaghetti. When west meet east gitu ceritanya, gue rasa akan sama enaknya kok.

Kalau udah nyobain resep ajaib di atas, jangan lupa laporan di komen yah~

Love,

Allysa

Post a Comment