SOCIAL MEDIA

Friday, March 9, 2018

Resep Fruit Spring Roll + Honey-Lemon-Mint Dipping Sauce

Setelah menikah nyaris setahun yang lalu, berat badan bertambah (banyak banget) menjadi suatu tanda merah bagi gue untuk mulai hati-hati dalam mengarungi kebahagiaan hidup. Walaupun berat badan gue saat ini masih sehat malahan jauh lebih sehat dari tahun lalu, tapi yah manusiawi kan kalau kita merasa insecure dengan bentuk tubuh yang bejendol sana-sini?

Selama beberapa bulan ini gue pun memutuskan untuk mengurangi makanan berminyak, gula artifisial, daging dan soda. Not that i used to eat those food everyday juga sih, malahan tbh gue gak terlalu suka gorengan karena kalau habis makan gorengan, muka gue langsung jadi kilang minyak.


Resep Fruit Spring Roll + Honey-Lemon-Mint Dipping Sauce



I used to get confuse with vegan because...well..meat is delicious...cheese is lyfe...dairy products are fantastique. Namun setelah belajar banyak tentang healthy diet, well i kinda.....wanna apologize to you guys, hehe.

Gue masih nggak pure vegan sih, i still love eating meat and fish, tapi mengombinasikan makanan tersebut dengan lebih banyak sayur dan buah ternyata malah lebih enak lagi! Gue banyak belajar resep yang awalnya kudu pake daging tapi bisa diganti jamur atau tempe and so. Malahan jadi penghematan dan yaa jauh lebih sehat.

Beberapa waktu lalu, seperti biasa gue lagi surfing recipes on the internet and i set my eyes on FRUIT SPRING ROLL yang nampaknya cantik dan refreshing. Biasanya spring rolls ala vietnam itu kan isinya, tauge gede (yuck), cilantro dan sayuran terus dicocol ke saus kacang. I don't really like it because of the bean sprouts, terus mendadak nemuin spring roll yang bisa diganti isinya dengan buah? I GOTTA TRRRYYY!!


Resep Fruit Spring Roll + Honey-Lemon-Mint Dipping Sauce


Jadi lah gue beli Rice Paper aka Spring Roll Sheet yang bentuknya bulat besar agak kayak kulit kebab tapi transparan. It's very magical how those hard texture rice papers can turn into gelatinous wet skin. Cukup direndam selama beberapa detik dengan air hangat. Jangan kelamaan merendamnya yah, nanti bakalan susah diambilnya karena licin banget!

Saran sih, jangan langsung direndam semua, satu persatu aja karena rice paper ini gak bisa ditumpuk kalau sudah direndam.

Fruit Spring Roll
Resep Fruit Spring Roll + Honey-Lemon-Mint Dipping Sauce


Ingredients : 


  • Rice Papers
  • Any fruits you want!!!
  • Mint leaves for fragrance
  • Probably unsweetened peanut butter for a spread if you want


How To :

1. Potong-potong dulu buah-buahan yang kalian suka. Kali ini gue memutuskan untuk pakai apel malang kecil, buah pir, stroberi dan pisang. Kalau kalian mau pakai buah apel dan pir juga, jangan lupa untuk baluri potongan buah-buah tersebut dengan perasan jeruk lemon/nipis agar warnanya tetap fresh because blackened apples and pears aren't pretty, honey.

2. Rendam rice paper di air hangat selama 5 detik atau lebih, bentangkan rice paper di atas talenan atau meja yang bersih.

3. Taruh potongan buah dan daun mint di tengah secara horizontal. Jangan lupa sisakan tempat di pinggir rice papers agar mudah dilipat. dan juga jangan terlalu banyak isian biar nggak bocor.

4. Lipat sisi kanan kiri rice paper ke tengah, lalu lipat bagian bawah rice papers menutupi isian dan gulung sisa rice papernya sampai semua tertutup dan rapih. Jangan kuatir kalau nggak rapih, nobody will judge it!

Honey-Lemon-Mint Sauce
Resep Fruit Spring Roll + Honey-Lemon-Mint Dipping Sauce


Ingredients :


  • Setengah jeruk lemon, keluarkan bijinya, peras sarinya
  • 1 sendok makan madu (gua pakai Madu Uray)
  • Daun mint
  • Vanilla bean paste (opsional)


How To :

Campur semua bahan and voila you got urself a fresh dipping sauce for your amazing Fruit Spring Roll!


Resep Fruit Spring Roll + Honey-Lemon-Mint Dipping Sauce
This is the banana-appe with peanut butter spread

Isn't easy
? Pas banget buat camilan sore atau kalau lagi diet bagus juga untuk makan siang. It'll make ur stomach full karena rice papersnya gelatinous tapi ngenyangin somehow. Kalau kalian kepengin ganti buahnya dengan sayuran, it'll be great. Mungkin bisa pakai alpukat, telur rebus, udang rebus kecil, atau sayuran just like the original Vietnamese Spring Roll. But yeah, my favourite is srsly the fruity one.


Stay healthy yah gengs, boleh aja makan apapun asal jangan lupa seimbangkan buah, sayur dan tentunya air putih.

Love,


Allysa

Post a Comment