SOCIAL MEDIA

Thursday, November 30, 2017

Sate Petir Pak Nano, Menggelegar di Lidah!

Menurut gue, dunia kuliner itu banyak banget menyimpan misteri. Bukaaan kayak misteri gunung Merapi sob, tapi salah satunya kayak...you just can't always predict what's next. Hari ini semua orang makan sate taichan, besoknya tahu-tahu kale salad is number one menu in every restaurants. Benar-benar who knows...SNAP just like that.

But one thing yang selalu gue kagumi dari dunia kuliner adalah ada saja mereka yang bertahan lama tidak terkubur dengan tren. Martabak, biarpun isiannya sekarang ada Nutella sampai suwiran salmon, tapi martabak telor dua abang-abang pinggir jalan yang tidak lekang oleh waktu. Pisang goreng, mau dikasih toping chocomaltine kek, ditabur meses warna-warni sampe ampyar-ampyar, tetep aja pisang goreng buatan emak anget-anget dimakan pas sore hari lebih dahsyat.



Sama kayak Sate Petir Pak Nano di daerah Ring Road Selatan, Bantul, Yogja. Pak Nano, pria paruh baya yang super ramah dan gemar mengupas bawang (kebetulan aja pas kemaren gue datang Beliau lagi ngupas bawang) ini sudah berjualan sate petir sejak saya belum lahir. Apa sih sate petir? Kalau didengar dari namanya saja sih kelihatannya JDUAAAR gitu yah and you're right...Sekali makan sate ini lidah mu bak disambar petir, BUSET PEDES BENEEER!!


Ceritanya waktu ke Jogja kemarin, gue udah ngiler kepengin cobain Sate Petir Pak Nano ini. Lokasinya gak terlalu jauh dari hotel di Prawirotaman, tapi ternyata jauh dari lokasi saya saat itu alias di kota karena lagi iseng main ke kedai kopi. Sejam lebih kita berkendara motor menuju Ring Road Selatan, pakai salah muter lagi. Kenapa di Jogja 9 km aja terasa jauh yah? Di Jakarta kayaknya deket bener, lama di macet #mejikofJogja.



#JJJ - Sate Petir Pak Nano, Menggelegar di Lidah!
www.ceritamakan.com
#JJJ - Sate Petir Pak Nano, Menggelegar di Lidah! - sate petir nano
Beberapa foto yang selamat dari File


Setelah sampai di TEKAPE, kita pun langsung memesan seporsi sate petir dengan nasi. Kalau kalian mau, kalian juga bisa pesan tongseng kambing. Ohyaaa...lupa bilang, sate petir Pak Nano itu sate kambing gaes, jadi kudu dipikir matang-matang kalau ada kolestrol, darah tinggi dan vegetarian.


Ada cerita lucu nih....Pas lagi asyik foto-fotoin tempatnya (YANG HILANG FILENYA KARENA HAPE BODOH), si Ibu pembakar sate dan Pak Nano ngajak ngobrol. Nanya kita dari mana dan lagi apa di Jogja. Terus si Ibu nanya nih ke gue "Pedes banget ndak dik?" karena gue mikirnya "pedesnya makanan Jogja semana yah...takutnya manis..." jadilah gue bilang "Njeh Bue, pedes banget!" dengan sotoynya.



#JJJ - Sate Petir Pak Nano, Menggelegar di Lidah! - Sate Petir
PUENAKE

Gue sama sekali gak tahu kalau Sate Petir Pak Nano itu ada level kepedasannya dari PAUD sampai Professor. Sumpah, gua kurang gugling. Sudah jadi satenya, langsung deh gue dan suami babat tanpa ampun. Di tengah-tengah sate ke-tiga, gue mulai merasakan sensasi petir di lidah. Masya Allah pedes bangeeeet!!!! Pernah gak sih kalian kayak makan sesuatu yang enak tapi pedes tapi enak tapi pedes? Jadi galau mau berhenti apa nggak. Gue minta diambilin susu sama suami (ada warung juga gaes jadi bisa beli minum lain), es teh manis gue udah abis, diminumin susu dingin malah makin parah. Pak Nano yang ngeliatin gue kepedasan langsung ketawa dan bilang "Hahahahahaha dibohongi kan makan di sini?". WADAAAW!!


#JJJ - Sate Petir Pak Nano, Menggelegar di Lidah! 3


Akhirnya suami ngambilin air putih yang tersedia di atas meja, langsung gue habiskan tanpa ampun. Wih...mejik, langsung ilang pedesnya! Air zam-zam kali nih ya?


Despite of cabenya yang cetar membahana waduhai ngebayanginnya gue sakit perut, tapi sate petir ini nagih lho! Daging kambingnya gak bau prengus sama sekali, sampe awalnya gue pikir ini sate sapi. Kematangannya oke, jadi daging kambingnya nggak kering mengeras gitu, masih juicy kalau digigit. Hanya saja memang dalam satu tusuk ada satu daging yang agak keras, tapi kayaknya karena gigi dan gusi gue yang lemah sih kalau makan daging. Yang paling gue suka itu yah bumbu kecap-cabenya. Bisa gitu nyerap banget ke dagingnya. Parah sih jadi pengin lagi~


Untuk harganya cukup bersahabat lho, seporsi sate petir Pak Nano itu kalau gak salah Rp. 20.000 / Rp. 24.000. Worth it lho dengan bongkahan daging yang agak besar serta cabe-cabeannya yang bikin luluh lantah pertahanan. Btw dengar-dengar Alm. Pak Bondan Mak Nyus pernah makan di sate petir Pak Nano lhooo, jadi kalian rugi BINGIDS kalo ke Jogja gak mampir sini!!!


Will definitely go back here as soon as possible ^^


Sate Petir Pak Nano

Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, 
Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

12:00 - 20:00


Love,


Allysa

1 comment :

  1. Wah boleh juga nih, thanks reviewnya!!

    ReplyDelete